Terminal Information Service Otomatis, atau ATIS, adalah siaran terus menerus informasi aeronautika tercatat noncontrol di sibuk terminal (yaitu bandara) daerah. Siaran ATIS berisi informasi penting, seperti informasi cuaca , dimana landasan pacu aktif, pendekatan yang tersedia, dan informasi lain yang diperlukan oleh pilot, seperti yang penting NOTAMs . Pilot biasanya mendengarkan siaran ATIS tersedia sebelum menghubungi unit kontrol lokal, untuk mengurangi beban kerja pengendali 'dan mengurangi kemacetan frekuensi.
Rekaman diperbarui dalam interval tetap atau ketika ada
perubahan yang signifikan dalam informasi, seperti perubahan di landasan pacu
aktif. Hal ini
diberikan penunjukan surat (misalnya bravo), dari alfabet ejaan ICAO . Surat itu berlangsung turun
alfabet dengan setiap update dan dimulai pada Alpha setelah istirahat dalam
pelayanan 12 jam atau lebih. Ketika menghubungi unit kontrol lokal, pilot akan
menunjukkan dia / dia memiliki "informasi" dan surat identifikasi ATIS
untuk membiarkan controller tahu bahwa pilot adalah up to date dengan semua
informasi saat ini.
Contoh pesan
Sistem operasi
Luton Informasi oscar, waktu 1250. Runway digunakan 26. Mengharapkan pendekatan ILS.
Permukaan angin 230 8
knot. Visibilitas
10 kilometer atau lebih. Tersebar 2.800 kaki. Suhu +18. Dewpoint +10. QNH 1016. Ambang QFE 997 hectopascal.
Pesawat yang akan
berangkat harus membuat kontak awal dengan tanah Luton pada 121,750. Mengakui menerima informasi
oscar dan menyarankan jenis pesawat pada kontak pertama.
Sebagai Heathrow dan bandara Manchester keduanya
memiliki dua landasan pacu dan kedua bandara menggunakan satu untuk kedatangan
dan lainnya untuk keberangkatan, mereka memiliki frekuensi ATIS dua, satu untuk
kedatangan dan satu untuk keberangkatan. Manchester hanya menggunakan landasan kedua paruh waktu
namun kedua frekuensi ATIS masih tetap aktif ketika hanya satu landasan pacu
aktif, kedua layanan ATIS akan memiliki pesan rekaman mengatakan "operasi
runway tunggal" setelah memberikan landasan yang digunakan saat ini
terjadi.
Sumber: http://adhika-rmd.blogspot.com/2013/01/pengenalan-atis-automatic-terminal.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar