Senin, 21 Januari 2013

ATIS ( Automatic Terminal Information Service )

Automatic Terminal Information Service

Terminal Information Service Otomatis, atau ATIS, adalah siaran terus menerus informasi aeronautika tercatat noncontrol di sibuk terminal (yaitu bandara) daerah. Siaran ATIS berisi informasi penting, seperti informasi cuaca , dimana landasan pacu aktif, pendekatan yang tersedia, dan informasi lain yang diperlukan oleh pilot, seperti yang penting NOTAMs . Pilot biasanya mendengarkan siaran ATIS tersedia sebelum menghubungi unit kontrol lokal, untuk mengurangi beban kerja pengendali 'dan mengurangi kemacetan frekuensi.
Rekaman diperbarui dalam interval tetap atau ketika ada perubahan yang signifikan dalam informasi, seperti perubahan di landasan pacu aktif. Hal ini diberikan penunjukan surat (misalnya bravo), dari alfabet ejaan ICAO . Surat itu berlangsung turun alfabet dengan setiap update dan dimulai pada Alpha setelah istirahat dalam pelayanan 12 jam atau lebih. Ketika menghubungi unit kontrol lokal, pilot akan menunjukkan dia / dia memiliki "informasi" dan surat identifikasi ATIS untuk membiarkan controller tahu bahwa pilot adalah up to date dengan semua informasi saat ini.
Contoh pesan 

Sistem operasi

The ATIS di bandara biasanya diberikan oleh suara otomatis, ini memungkinkan controller udara sibuk lalu lintas dengan cepat mengetik pesan ATIS baru daripada membuat rekaman suara memakan waktu. Sebagian besar bandara di negara tertentu sering akan memiliki format yang sama ATIS atau layout dengan suara otomatis yang sama. Misalnya semua informasi ATIS di bandara utama di Inggris seperti Heathrow, Gatwick, Manchester, Birmingham, Edinburgh, dan bahkan yang lebih kecil seperti East Midlands dan Newcastle dan lebih banyak memiliki format yang sama atau tata letak dan semuanya diberikan oleh otomatis yang sama suara. Bawah ini menunjukkan informasi ATIS sama untuk dua bandara Inggris yang memiliki suara otomatis sama dengan hampir semua bandara Inggris lainnya. Beberapa bandara akan memberikan informasi yang lain bahkan tidak dalam negara yang sama.
Luton Informasi oscar, waktu 1250. Runway digunakan 26. Mengharapkan pendekatan ILS. Permukaan angin 230 8 knot. Visibilitas 10 kilometer atau lebih. Tersebar 2.800 kaki. Suhu +18. Dewpoint +10. QNH 1016. Ambang QFE 997 hectopascal. Pesawat yang akan berangkat harus membuat kontak awal dengan tanah Luton pada 121,750. Mengakui menerima informasi oscar dan menyarankan jenis pesawat pada kontak pertama.
Stansted Informasi oscar, waktu 1250. Runway digunakan 22. Mengharapkan pendekatan ILS. Tanah terbuka. Pengiriman ditutup. Permukaan angin 230 8 knot. Visibilitas 10 kilometer atau lebih. Tersebar 2.800 kaki. Suhu +18. Dewpoint +10. QNH 1016. Transisi tingkat penerbangan tingkat 60. Mengakui menerima informasi oscar dan menyarankan jenis pesawat pada kontak pertama.
Sebagai Heathrow dan bandara Manchester keduanya memiliki dua landasan pacu dan kedua bandara menggunakan satu untuk kedatangan dan lainnya untuk keberangkatan, mereka memiliki frekuensi ATIS dua, satu untuk kedatangan dan satu untuk keberangkatan. Manchester hanya menggunakan landasan kedua paruh waktu namun kedua frekuensi ATIS masih tetap aktif ketika hanya satu landasan pacu aktif, kedua layanan ATIS akan memiliki pesan rekaman mengatakan "operasi runway tunggal" setelah memberikan landasan yang digunakan saat ini terjadi.
 
Sumber: http://adhika-rmd.blogspot.com/2013/01/pengenalan-atis-automatic-terminal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar